Berawal Dari Keingintahuan, Pria Ini Gali Dan Bukukan Sejarah Islam Lampung



Begitu banyak pelajaran berharga dari sejarah, karna dengan membaca kejadian di masa lalu akan menjadikan pelajaran berharga bagi generasi setelahnya.
Memahami sejarah tidaklah mudah, perlu adanya kesabaran dan ketelitian dalam mereka ulang alur kejadiannya. Terlebih lagi menuliskannya, tentu akan menguras banyak tenaga, fikiran, waktu juga biaya.

Muhammad Candra Syahputra, Seorang alumni Pondok-Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung telah mencoba mengabdikan dirinya di bidang ini. Berbekal dari rasa keingintahuannya, sosok pria yang masih berstatus sebagai Mahasiswa Semester 7 di UIN Raden Intan Lampung ini mencoba menggali dan menulis sejarah Islam di tanah Sang Bumi Ruwai Jurai.  

Dalam perjalanannya untuk mengumpulkan berita sejarah dan menuliskannya, ia dibantu oleh sahabat dekatnya yakni M. Riansyah. Yang juga sama sebagai Alumni Pondok Pesantren Al Hikmah Bandar Lampung dan masih berstatus Mahasiswa Jurusan PBA UIN Raden Intan Lampung.   "Buku ini saya tulis dengan Mas Riansyah, kebetulan dia mau berkontribusi," ungkap Chandra kepada salah satu tim AHMC (20/19/2017). 

Untuk menulis dan mengumpulkan berita sejarah  dari berbagai Tokoh, Chandra mengaku cukup kesulitan. Selain karena waktu luang yang sulit dengan padatnya jadwal dari  kampus maupun agenda-agenda yang lain, juga karena faktor tenaga dan dana setiap berkeliling. " Kendala banyak mas, selain sambil kuliah dan agenda lain, terutama dana," ujar Chandra.

Dengan istiqamah menjaga ketekunan dan kesabaran, akhirnya mereka berdua berhasil membukukan hasil kerja keras mereka. Buku yang telah mereka tulis diberi judul " NAPAKTILAS JEJAK ISLAM LAMPUNG".

Chandra berharap, buku yang telah ditulis dapat dikoreksi pembacanya dan dilanjutkan oleh penulis lain. karena ia menyadari bahwa buku hasil tulisannya itu masih perlu penelitian lanjut. "Saya berharap akan adanya penulis yang dapat menggali lebih lanjut tentang sejarah Islam di Lampung, karena saya menyadari masih banyak kekurangan dari tulisan saya di buku ini," Pugkasnya. (NRF)





Share:

No comments:

Post a Comment

TINGGALKAN PESAN/SARAN/KOMENTAR ANDA DI BAWAH INI;